KUNJUNGAN EDUKASI VIRTUAL SMPIT PUTRI AL HANIF TAHUN AJARAN 2021-2022

Pada Rabu, 13 Oktober 2021, SMPIT Putri Al Hanif telah mengadakan kunjungan edukasi secara virtual ke tiga tempat yang berbeda. Peserta kunjungan ini berjumlah 315 siswi dari kelas 7 sampai dengan kelas 9 yang didampingi oleh 6 guru pendamping. Tujuan utama diadakannya kunjungan edukasi adalah menambah wawasan dan pengalaman peserta didik tentang bidang atau industri yang dikunjungi. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai penyegaran bagi para peserta didik dari kegiatan belajar-mengajar di kelas sehari-hari.

            Kunjungan virtual bagi para peserta didik kelas 7 dimulai sejak pukul 09.00 WIB dengan  PT. Amerta Indah Otsuka sebagai destinasinya. Pada kesempatan ini siswi-siswi dikenalkan pada sejarah dan produk-produk keluaran perusahaan tersebut. Perusahaan yang berafiliasi dari Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd Jepang ini telah berdiri sejak tahun 1997 dan telah merilis sebanyak 5 produk yang tersebar ke seluruh Indonesia. Para peserta didik juga diajak mengelilingi pabrik pembuatan Pocari Sweat, menyaksikan proses pembuatannya, hingga mempelajari manfaat dari roduk-produk tersebut.


            Pada saat yang sama, siswi-siswi kelas 8 juga memulai kunjungannya ke PT. Yakult Persada Indonesia. Tidak jauh berbeda dengan para peserta didik kelas 7, mereka juga diajak mengelilingi pabrik secara virtual. Pada kunjungan edukasi ini para siswi dapat mengenal lebih dekat bagaimana proses pembuatan minuman probiotik yang kaya akan manfaat tersebut.


                Adapun siswi-siswi kelas 9 memulai kunjungan virtual ke Observatorium Universitas Ahmad Dahlan sejak pukul 10.00 WIB. Di tempat ini kita diajak untuk mengenal benda-benda langit, alat-alat observasi benda langit, serta macam-macam penampakan di luar angkasa. Menariknya, kunjungan peserta didik kelas 9 SMPIT Putri Al-Hanif tersebut bertepatan dengan fenomena hari tanpa bayangan di Kota Yogyakarta. Sehingga kita juga bisa menyaksikan uniknya fenomena dimana matahari berada tepat 90° dari ufuk.


            Terakhir, sebagai bahan evaluasi, sekolah mengadakan kuis-kuis berhadiah seputar tempat-tempat yang telah dikunjungi peserta didik. Diharapkan dengan adanya kunjungan edukasi ini bisa memperluas wawasan positif dan semangat para siswi untuk menggapai cita-cita.