UKBI Adaptif Merdeka Mengukur Kemampuan Bahasa Anak

UKBI Adaptif Merdeka merupakan tes untuk mengukur kemahiran berbahasa penutur bahasa Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh pelajar di seluruh Indonesia baik jenjang SMA maupun jenjang SMP.

Pada tanggal 27 Juli 2021 SMPIT Putri Al Hanif mengikuti kegiatan UKBI Adaptif Merdeka yang diikuti sebanyak 30 peserta didik dari perwakilan kelas VIII dan IX. Persiapan dilakukan dengan membentuk kepanitiaan kecil dan menyosialisaikan kepada peserta didik mengenai UKBI Adaptif Merdeka melalui tatap maya. Beberapa pertemuan dengan peserta didik dilakukan secara daring melalui meeting untuk membekali peserta dalam mengikuti tes tersebut. Mulai dari mengenalkan kegiatan UKBI Adapti Merdeka, membantu dalam proses pendaftaran, persiapan dan pembekalan sebelum melakukan ujian, sampai pada memastikan kesiapan peserta didik sebelum tes dimulai.

Kegiatan UKBI Adaptif Merdeka ini dilaksanakan ditengah pandemi, sehingga dilakukan secara daring baik di rumah masing-masing dan di sekolah. Bagi peserta didik yang melakukan tes di rumah, panitia memantau sebelum pelaksanaan dengan memastikan kesiapan gawai serta jaringan internet peserta didik. Selain itu, salah satu peserta didik yang melakukan tes di sekolah tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar meskipun beberapa kendala jaringan terjadi pada beberapa peserta didik yang mengikuti tes di rumahnya.

Antusiasme dalam mengikuti kegiatan UKBI Adaptif Merdeka ini sangat besar terlihat peserta didik dan panitia sekolah yang terlibat. Pengalaman mengikuti UKBI untuk pertama kalinya ini membawa rasa penasaran peserta didik untuk serius mengerjakan tiap sesinya. Meskipun diikuti hanya diikuti 30 peserta didik saja, harapannya kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali dengan jumlah peserta didik lebih banyak lagi yang mengikuti.