Program Unggulan Tahfizh
PROGRAM TAHFIZHUL QURAN
SMPIT PUTRI AL HANIF
TAHUN AJARAN 2021/2022
Visi
Terbentuknya peserta didik penghafal Al Quran yang cinta Al Quran dan berakhlak mulia.
Misi:
Menumbuhkan semangat/ Memotivasi peserta didik untuk bisa membaca Al Quran dengan baik sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wassalam
Menumbuhkan semangat/ Memotivasi peserta didik untuk menghafal Al-Quran dengan senang hati dan tidak merasa terbebani
Memotivasi peserta didik untuk senantiasa menjaga dan memutqinkan hafalannya
Memotivasi peserta didik untuk berusaha memahami dan mengamalkan Al Quran terutama yang sudah dihafalkannya dalam kehidupan sehari-hari
Memotivasi peserta didik untuk berakhlaq dengan Al Quran.
Tujuan Pembelajaran Tahfizhul Quran
Sistem Pembelajaran
Pembelajaran Tahfizh Quran pada sekolah menengah Putri Al Hanif dilakukan dengan pengelompokan halaqoh peserta didik sesuai dengan tingkat kemampuannya. Penentuan halaqoh dilaksanakan berdasarkan hasil observasi peserta didik baru pada awal tahun ajaran baru. Halaqoh dapat berpindah (naik /turun) sesuai dengan perkembangan belajar peserta didik.
Halaqah IQRO
Kelompok atau halaqoh ini terdiri dari peserta didik yang masih belum bisa membaca Al Quran sesuai dengan kaidah tajwid yang benar. Pembelajaran dimulai dari Iqro’ 4 sampai dengan Iqro’ 6, membaca juz 27, Juz 30 dan Juz 29.
Fokus pembelajaran pada kemampuan membaca dengan jadwal membaca sebanyak 2/3 kali dalam satu pekan.
Peserta didik juga dibimbing untuk menghafal Al Quran dimulai dari Q.S. An-Naas menuju Q.S. An-Nabaa’ sekali dalam sepekan.
Bila telah lancar dan benar membaca Al Quran secara mandiri bisa dinaikkan ke halaqah tajwid dengan fokus pembelajaran pada penambahan hafalan dengan bacaan yang fashih sebanyak 3 baris dalam satu hari.
Halaqah TAJWID
Kelompok atau halaqoh ini terdiri dari peserta didik yang sudah bisa membaca Al Quran sesuai dengan kaidah tajwid yang benar, akan tetapi ketika menghafal Al Quran masih terdapat kekeliruan tajwid pada hafalannya.
Teknik belajarnya adalah dengan mentalqinkan ayat yang akan dihafalkan (sebanyak 1 warna / kurang lebih tiga baris) disertai penjelasan hukum tajwidnya oleh guru pengampu tahfizh.
Kemudian peserta didik mengulang-ulang bacaan yang benar sebanyak tiga kali dan menghafalkannya.
Selanjutnya barulah peserta didik menyetorkan hafalannya. Hafalan dimulai dari Q.S. An-Nabaa’ (juz 30) menuju Q.S. An-Naas.
Halaqah TAHFIZH
Kelompok atau halaqoh ini terdiri dari peserta didik yang sudah bisa membaca dan menghafal Al Quran dengan baik dan benar secara mandiri.
Teknik belajarnya adalah peserta didik menyetorkan hafalannya yang meliputi sabaq, sabqi dan manzil kepada guru pengampu tahfizh.
Guru pengampu mengoreksi setoran peserta didik terutama pada kesempurnaan bacaan (kesempurnaan makhraj , sifat huruf, kesempurnaan harokat dan konsistensi bacaan mad dan ghunnah) serta kelancaran hafalannya.
Jumlah hafalan baru yang disetorkan adalah sebanyak minimal lima baris dalam satu kali pertemuan .
Selanjutnya peserta didik juga diperkenalkan dengan teori tajwid sebanyak satu/dua kali dalam sepekan dengan menggunaakan buku panduan “Metode Asy-Syafi’i”.
Program Pembinaan Tambahan.
Untuk memaksimalkan kemampuan peserta didik maka diadakanlah beberapa kegiatan tambahan di luar jam pelajaran, yaitu :
Klub Tahfizh
Kegiatan ini adalah pengayaan bagi peserta didik yang berada pada halaqah tahfizh yang dijadwalkan satu kali dalam sepekan dengan pembina yang sangat berkompeten (dari luar sekolah). Dengan kegiatan ini diharapkan peseta didik dapat lebih menyempurnakan/ memperhalus bacaannya sehingga benar-benar sesuai dengan bacaan yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallaahu ’Alaihi Wassalam serta memutqinkan hafalan yang sudah ada.
Bimbingan belajar membaca Al Quran
Kegiatan ini berupa tambahan jam belajar membaca bagi peserta didik yang kesulitan/lama dalam membaca Al Quran dengan pembina para ustadzaat pengampu tahfizh. Bimbel ini dijadwalkan dua kali dalam sepekan
Istilah
Beberapa istilah yang kita gunakan dalam pembelajaran Tahfizhul Quran adalah sabaq, sabqi dan manzil.
Sabaq → hafalan baru
Sabqi → hafalan hari sebelumnya
Manzil → hafalan juz sebelumnya