Program Unggulan Tahfizh

SMP IT Putri Al Hanif - Smart and Sholihah
Program Unggulan Tahfizh

PROGRAM TAHFIZHUL QURAN

SMPIT PUTRI AL HANIF

TAHUN AJARAN 2021/2022


  1. Visi

Terbentuknya peserta didik penghafal Al Quran yang cinta Al Quran dan berakhlak mulia.


  1. Misi:

  1. Menumbuhkan semangat/ Memotivasi peserta didik untuk bisa membaca Al Quran dengan baik sesuai dengan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wassalam

  2. Menumbuhkan semangat/ Memotivasi peserta didik untuk menghafal Al-Quran dengan senang hati dan tidak merasa terbebani

  3. Memotivasi peserta didik untuk senantiasa menjaga dan memutqinkan hafalannya

  4. Memotivasi peserta didik untuk berusaha memahami dan  mengamalkan Al Quran terutama yang sudah  dihafalkannya dalam kehidupan sehari-hari

  5. Memotivasi peserta didik untuk berakhlaq dengan Al Quran.


  1. Tujuan Pembelajaran Tahfizhul Quran 

Halaqah Iqro’

Mampu membaca Al Quran dengan baik dan memiliki hafalan juz 30 dengan mutqin dan fashih

Halaqah Tajwid

Mampu membaca AlQuran dengan baik dan memiliki hafalan juz 29 dan 30 dengan mutqin dan fashih

Halaqah Tahfizh

  • Memiliki pertambahan hafalan sebanyak tiga juz bila halafan yang sudah dimiiki berjumlah  kurang dari tiga juz

  • Memiliki pertambahan hafalan sebanyak dua juz bila hafalan yang sudah dimiliki berjumlah tiga juz atau lebih


  1. Sistem Pembelajaran

 Pembelajaran Tahfizh Quran pada sekolah menengah Putri Al Hanif dilakukan dengan pengelompokan halaqoh peserta didik sesuai dengan tingkat kemampuannya. Penentuan halaqoh dilaksanakan berdasarkan hasil observasi peserta didik baru pada awal tahun ajaran baru. Halaqoh dapat berpindah (naik /turun) sesuai dengan perkembangan belajar peserta didik. 

  1. Halaqah IQRO

  1. Kelompok atau halaqoh ini terdiri dari peserta didik yang masih belum bisa membaca Al Quran sesuai dengan kaidah tajwid yang benar. Pembelajaran dimulai dari Iqro’ 4 sampai dengan Iqro’ 6, membaca juz 27, Juz 30 dan Juz 29. 

  2. Fokus pembelajaran pada kemampuan membaca dengan jadwal membaca sebanyak 2/3 kali dalam satu pekan. 

  3. Peserta didik juga dibimbing untuk menghafal Al Quran dimulai dari Q.S. An-Naas menuju Q.S. An-Nabaa’ sekali dalam sepekan. 

  4. Bila telah lancar dan benar membaca Al Quran secara mandiri bisa dinaikkan ke halaqah tajwid dengan fokus pembelajaran pada penambahan hafalan dengan bacaan yang fashih sebanyak 3 baris dalam satu hari.

  1. Halaqah TAJWID

  1. Kelompok atau halaqoh ini terdiri dari peserta didik yang sudah bisa membaca Al Quran sesuai dengan kaidah tajwid yang benar, akan tetapi ketika menghafal Al Quran  masih terdapat kekeliruan tajwid pada hafalannya. 

  2. Teknik belajarnya adalah dengan mentalqinkan ayat yang akan dihafalkan (sebanyak 1 warna / kurang lebih tiga baris) disertai penjelasan hukum tajwidnya oleh guru pengampu tahfizh. 

  3. Kemudian peserta didik mengulang-ulang bacaan yang benar sebanyak tiga kali dan menghafalkannya. 

  4. Selanjutnya barulah peserta didik menyetorkan hafalannya. Hafalan dimulai dari Q.S. An-Nabaa’ (juz 30) menuju Q.S. An-Naas.

  1. Halaqah TAHFIZH

  1. Kelompok atau halaqoh ini terdiri dari peserta didik yang sudah bisa membaca dan menghafal Al Quran dengan baik dan benar secara mandiri. 

  2. Teknik belajarnya adalah peserta didik menyetorkan hafalannya yang meliputi sabaq, sabqi dan manzil kepada guru pengampu tahfizh.

  3. Guru pengampu mengoreksi setoran peserta didik terutama pada kesempurnaan bacaan (kesempurnaan makhraj , sifat huruf, kesempurnaan harokat dan konsistensi bacaan mad dan ghunnah) serta  kelancaran hafalannya. 

  4. Jumlah hafalan baru yang disetorkan adalah sebanyak minimal lima  baris dalam satu kali pertemuan . 

  5. Selanjutnya peserta didik juga diperkenalkan dengan teori tajwid sebanyak satu/dua kali dalam sepekan dengan  menggunaakan buku panduan “Metode Asy-Syafi’i”.


  1. Program Pembinaan Tambahan. 

Untuk memaksimalkan kemampuan peserta didik maka diadakanlah beberapa kegiatan tambahan di luar jam pelajaran, yaitu :

  1. Klub Tahfizh

Kegiatan ini adalah pengayaan bagi peserta didik yang berada pada halaqah tahfizh yang dijadwalkan satu kali dalam sepekan dengan pembina yang sangat berkompeten (dari luar sekolah). Dengan kegiatan ini diharapkan peseta didik dapat lebih menyempurnakan/ memperhalus bacaannya sehingga benar-benar sesuai dengan bacaan yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallaahu ’Alaihi Wassalam serta memutqinkan hafalan yang sudah ada.

  1. Bimbingan belajar membaca Al Quran

Kegiatan ini berupa tambahan jam belajar membaca bagi peserta didik yang kesulitan/lama dalam membaca Al Quran dengan pembina para ustadzaat pengampu tahfizh. Bimbel ini dijadwalkan  dua kali dalam sepekan 


  1. Istilah

Beberapa istilah yang kita gunakan dalam pembelajaran Tahfizhul Quran adalah sabaq, sabqi dan manzil.

  1. Sabaq → hafalan baru

  2. Sabqi → hafalan hari sebelumnya

  3. Manzil → hafalan juz sebelumnya